Cara Convert Cs Ke Csa / Csi Gta Sa Android


Cara Convert Cs Ke Csa / Csi Gta Sa Android - Update 4 September 2019 | Mod script merupakan mod yang merubah dan memanipulasi sitem game sehingga modder sanggup menciptakan misi atau menciptakan fitur lain yang tidak ada dalam game.

Bagi yang pernah main di GTA SA PC niscaya udah pernah pasang mod cleo berextensi cs. Sebuah extensi cs berisi opcode dan perintah yang hanya bekerja gta sa pc.

Tapi, kau niscaya pernah berfikir bagaimana bila cleo cs dikonvert ke csi / csa untuk gta sa android. Hingga kau hingga nyasar ke postingan ini.

Bagi modder yang berpengalaman di bidang script cleo, yang udah tahu cara kerja sanny builder tentu hal ini sangat simpel dilakukan.

Tapi bagi kau yang newbe dan ingin mengonvertnya, cukup ikuti beberapa tips yang akan saya bagikan dibawah ini.

Maklum saya juga masih newbe, saya paparkan cara versi newbe yang ga tau memory coding, jadi tutorial ini terbatas hanya pada script2 tertentu yang ga ada memmory coding.

Cara Convert Cs Ke Csa / Csi Gta Sa


Sebelumnya siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat
1. Lepi atau kompi
2. Software Sanny builder buatan seemann

Bahan:
1. Game GTA SA

2. Script cleo (CS)

Persiapan:
1. Instal software sanny builder dan seting path folder instalan gta sa (tools > options > general > gta sa directory).
2. Cari script cleo untuk pc 

Tahap 1: Pemeriksaan file CS

Dalam tahap ini kita akan mendecompile dan mengusut apakah file cs mempunyai ada opcode write memory atau read memory. Kalau ada opsi write memorry berarti ga sanggup diconvert kecuali kau tahu cara mencari memory address di android.

Caranya,

- Buka Sanny Builder, pastikan di bab pojok kanan bawah di set GTA SA menyerupai gambar di bawah ini. Jika game gta sa kau belum terinstal cleo, tinggal klik tombol CLEO, tp bila sudah terinstal cleo mending abaikan saja.



- Langsung saja tekan tombol decompile (ikon gerigi).


- Pilih script cleo (cs), kemudian arahkan pada folder daerah file cs yang akan kau konvert kemudian klik open.

- Setelah terbuka cari kata "memory". Caranya tekan f3 di keyboard kemudian ketikkan "memory". Kalau ditemukan kata itu, berarti script itu sulit/tidak sanggup diconvert.


Kalau sudah begini, tidak ada keinginan bagi newbe menyerupai saya untuk meconvertnya ke gta sa android, hanya para master it yang sanggup mengopreknya. Mendingan pribadi cari script lain aja..,.

Tahap 2: Syarat dan ketentuan

Walaupun sudah tidk ditemukan opcode yang berisi perintah "memory", tidak serta merta pribadi sanggup kita konvert ke csi/csa. Ada beberapa ketentuan yang harus kau perhatikan sebelumnya, semuanya tercantum dibawah ini.

0. Ubah $cleo .cs menjadi $cleo .csi atau $cleo .csa

1. Ubah semua variable global menjadi local variable yang berawalan @ (@0 - @33) kecuali global variable $PLAYER_CHAR, $PLAYER_ACTOR, $CLEO. Misalnya disitu ada global variable $actor1 maka ubah semua global variable $actor1 menjadi 0@ atau variable lain yang belum terpakai.

2. Tambah nomor opcode di depan opcode class, contohnya disitu ada Model.Load, tambahkan nomor opcode dan juga hapus tanda  ( ) , kurung buka/kurung tutup. cara mencarinya nomornya biasanya sanggup ditemukan di Tools > IDE Tools > Opcode Search. Lalu ketikkan kata kunci "Model load" Maka akan ketemu 0247: load_model $IMPORT_CARS_MODEL($IMPORT_PANEL_ROW,6i) ketikan nomor + tanda titik dua tersebut "0247:" tersebut didepannya. Sehingga menjadi 0247: Model.Load

Ubah juga value  $IMPORT_CARS_MODEL($IMPORT_PANEL_ROW,6i) menjadi variable # contohnya ingin meload kendaraan beroda empat alpha( #ALPHA), jadi opcodenya menjadi 0247: Model.Load #ALPHA aplikasikan cara ini ke opcode class yang lainnya.

3. Menghapus tanda , (koma) dan menggantinya dengan  (spasi). Hal ini wajib dilakukan biar value terbaca. Cara cepatnya tinggal pilih sajian Edit > Replace > Masukkan tanda "," (koma) dikolom Search for kemudian masukkan spasi di kolom Replace with. Jika sudah ditemukan pilih "Yes to all". Cara ini juga sanggup diaplikasikan untuk mereplace tanda kurung dengan spasi.

4. Jika ada opcode 00E1:. Angka 0 di value pertama harus diubah menjadi angka 3, contohnya 00E1: player 0 pressed_key 19, ubah menjadi 00E1: player 3 pressed_key 19. Sedangkan value kedua (19) yaitu nomor tombol yang akan dipencet, di android tombolnya yaitu 1-9 sesuai tombol imajiner cleo gta sa android.

5. Jika ada variable 32@ dan 33@, di dalam cleo pc variable ini berkhasiat seebagai timer, tapi di android tidak berfungsi. untuk itu variable ini harus ditambah 1 pada pemikiran script yang loop. dan kurangi satu digit angka di conditional check (> atau <) contohnya dalam script jamaah.csi dibawah ini, lihat bertanda merah.

:JAMAAH_4
33@ += 1 // Sebelumnya tidak ada, perintah ditambah 1
wait 0
if
0256: player $PLAYER_CHAR defined
jf @JAMAAH_5
if or
33@ > 3100 // Sebelumnya 31000, dikurangi 1 digit
0A51: is_widget_pressed 89
jf @JAMAAH_4
0687: clear_actor $PLAYER_ACTOR task
01F7: set_player $PLAYER_CHAR ignored_by_cops 0
03BF: set_player $PLAYER_CHAR ignored_by_everyone 0
04EB: AS_actor $PLAYER_ACTOR crouch 0
jump @JAMAAH_5

6. Jika ada opcode ihwal Mp3 hapus semua opcode tersebut alasannya tidak akan berfungsi dan menciptakan crash di gta sa android.

7. Jika ada kata not pada opcode class, tambahkan ganti digit awal pada nomor opcode menjadi angka 8 contohnya, ada  not Actor.Driving($PLAYER_ACTOR) maka kau ganti saja menjadi 80DF:  actor $PLAYER_ACTOR driving

8. Ubah GTA SA Menjadi GTA SA Mobile, caranya klik tulisannya kemudian pilih gta sa kendaraan beroda empat dari drop up.


9. Kalau semua syarat dan ketentuan sudah di penuhi kini tinggal di compile, klik ikon gambar kertas. bila berasil maka akan muncul report dibawah ini. kemudian tes di androidmu

 Itulah tutoerial Cara Convert Cs Ke Csa / Csi Gta Sa, Jika kau masih belum mudeng kau harus tahu dasar-dasarnya menciptakan cleo disini GTA Forum.

Selamat mencoba. 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel